KEBUTUHAN MANUSIA
I. Pengertian dan jenis kebutuhan manusia
Kebutuhan adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak atau berbuat untuk memenuhinya, sehingga menyebabkan terpenuhinya kesenjangan yang ada dalam diri, dan diperoleh suatu keputusan tersendiri.
Menurut Morgan ( dalam S Nasution ) mengatakan bahwa manusia hidup memiliki berbagai kebutuhan :
a. Kebutuhan berbuat sesuatu untuk aktifitas
Bagi anak didik penting artinya, karen perbuatan sendiri itu mengandung suatu kegembiraan baginya. Hubungan dengan kegiatn belajar bahwa pekerjaan atau belajar itu akan berhasil apabila disertai dengan rasa gembira dan senang.
b. Kebutuhan untuk menyenangkan orang lain
Harga diri seseorangan akan meningkata apabila seseorang bisa menyenangkan orang lain. Dan ini merupakan kepuasan tersendiri bagi oranga yang melakukannya. Konsep ini dapat diterapkan pada berbagai kegiantan, misalnya anak rela atau siswa rajin belajar apabila diberi motivasi untuk melakukan kegiatan berlajar untuk orang yang disukainya.
c. Kebutuhan untuk mencapai hasil
Pujian atau reinforcement harus dikaitkan dengan prestasi anak. Anak harus diberi kesempatan seluasnya untuk melakukan sesuatu dengan hasil yang optimal, sehingga ada “sense of succes”
d. Kebutuhan untuk mengatasi kesulitan
Disini peranan motivasi sangat penting dalam upaya menciptakan kondisi yang lebih kondusif bagi mereka untuk berusaha agar memperoleh keunggulan.
II. Kebutuhan siswa
a. Kebutuhan jasmaniah
Ini berkatan dengan tuntutan yang bersifat jasmaniah.
b. Kebutuhan sosial
Bergaul sesama siswa dan guru serta orang lain merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan sosial anak didik. Sekolah dipandang sebagai lembaga tempat siswa membina sikapnya karena disekolah sangat dipenuhi dengna keragaman. Guru harus dapat membangkitkan semangat kerjasama, sehingga dapat dikembangkan sebagai metoda untuk mengajarkan sesuatu, misalnya metode belajar kelompok.
c. Kebutuhan intelektual
Robert J. Havigurst dalam bukunya “ human development and education” cara memenuhi kebutuhan anak didik adalah dengan cara tiap orang harus memenuhi tugas. Pemenuhan tugas ini dinamakan “development tasked”
Ada beberapa development task yang harus dipenuhi oleh setiap individu sebagai subjek belajar :
a) Memahami dan menerima baik keadaan jasmani
b) Memperoleh hubungan yang memuaskan dengan teman sebaya
c) Mencapai hubungan yang lebih “matang” dengan orang dewasa
d) Mencapai kematangan emosional
e) Menuju kepada keadaan berdiri sendiri dalam lapangan finansial
f) Mencapai kematangan intelektual
g) Membentuk pandangan hidup
h) Mempersiapkan diri untuk mendirikan rumah tangga sendiri
Kedelapan hal itu harus terpenuhi. Hal ini dapat dpergunakan sebagai usaha memecahkan persoalan pemenuhan kebutuhan anak didik. Yang terpenting adalah bagaiman sekolah guru mengenali anak didik dengan cermat, agar dapat memberikan layanan dan bimbingan yang serasi, konstruktif dan produktif.
I. Pengertian dan jenis kebutuhan manusia
Kebutuhan adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak atau berbuat untuk memenuhinya, sehingga menyebabkan terpenuhinya kesenjangan yang ada dalam diri, dan diperoleh suatu keputusan tersendiri.
Menurut Morgan ( dalam S Nasution ) mengatakan bahwa manusia hidup memiliki berbagai kebutuhan :
a. Kebutuhan berbuat sesuatu untuk aktifitas
Bagi anak didik penting artinya, karen perbuatan sendiri itu mengandung suatu kegembiraan baginya. Hubungan dengan kegiatn belajar bahwa pekerjaan atau belajar itu akan berhasil apabila disertai dengan rasa gembira dan senang.
b. Kebutuhan untuk menyenangkan orang lain
Harga diri seseorangan akan meningkata apabila seseorang bisa menyenangkan orang lain. Dan ini merupakan kepuasan tersendiri bagi oranga yang melakukannya. Konsep ini dapat diterapkan pada berbagai kegiantan, misalnya anak rela atau siswa rajin belajar apabila diberi motivasi untuk melakukan kegiatan berlajar untuk orang yang disukainya.
c. Kebutuhan untuk mencapai hasil
Pujian atau reinforcement harus dikaitkan dengan prestasi anak. Anak harus diberi kesempatan seluasnya untuk melakukan sesuatu dengan hasil yang optimal, sehingga ada “sense of succes”
d. Kebutuhan untuk mengatasi kesulitan
Disini peranan motivasi sangat penting dalam upaya menciptakan kondisi yang lebih kondusif bagi mereka untuk berusaha agar memperoleh keunggulan.
II. Kebutuhan siswa
a. Kebutuhan jasmaniah
Ini berkatan dengan tuntutan yang bersifat jasmaniah.
b. Kebutuhan sosial
Bergaul sesama siswa dan guru serta orang lain merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan sosial anak didik. Sekolah dipandang sebagai lembaga tempat siswa membina sikapnya karena disekolah sangat dipenuhi dengna keragaman. Guru harus dapat membangkitkan semangat kerjasama, sehingga dapat dikembangkan sebagai metoda untuk mengajarkan sesuatu, misalnya metode belajar kelompok.
c. Kebutuhan intelektual
Robert J. Havigurst dalam bukunya “ human development and education” cara memenuhi kebutuhan anak didik adalah dengan cara tiap orang harus memenuhi tugas. Pemenuhan tugas ini dinamakan “development tasked”
Ada beberapa development task yang harus dipenuhi oleh setiap individu sebagai subjek belajar :
a) Memahami dan menerima baik keadaan jasmani
b) Memperoleh hubungan yang memuaskan dengan teman sebaya
c) Mencapai hubungan yang lebih “matang” dengan orang dewasa
d) Mencapai kematangan emosional
e) Menuju kepada keadaan berdiri sendiri dalam lapangan finansial
f) Mencapai kematangan intelektual
g) Membentuk pandangan hidup
h) Mempersiapkan diri untuk mendirikan rumah tangga sendiri
Kedelapan hal itu harus terpenuhi. Hal ini dapat dpergunakan sebagai usaha memecahkan persoalan pemenuhan kebutuhan anak didik. Yang terpenting adalah bagaiman sekolah guru mengenali anak didik dengan cermat, agar dapat memberikan layanan dan bimbingan yang serasi, konstruktif dan produktif.
Komentar
Posting Komentar