KEWIBAWAAN DALAM PENDIDIKAN
I. Pengertian kewibawaan
Kewibaawaan adalah suatu kelebihan yang dimiliki seseorang. Dengan kelebihan yang dimilikinya ia dihargai, dihormati.
Kewibawaan orang tua dapat dilihat dari 2 sisi :
a. Kewibawaan pendidikan
Ini bertujuan memelihara keselamatan anaknya, agar mereka dapat hidup terus dan selanjutnya berkembang jasmani dan rohaninya.
b. Kewibawaan keluarga
Kewibawaan guru dapat dilihat dari 2 sisi :
a. Kewibawaan guru dalam pendidikan
b. Kewibawaan pemerintah
II. Fungsi kewibawaan dalam pendidikan
Fungsi wibawa dalam pendidikan adalah membawa si anak ke arah pertumbuhannya yang kemudian dengan sendirinya mengakui wibawa orang lain dan mau menjalankannya.
III. Penggunaan kewibawaan oleh guru dan pendidikan lainnya
a. Dalam menggunakan kewibawaan hendaklah didasarkan atas perkembangan anak sebagai pribadi
b. Pendidik hendaklah memberi kesempata pada anak didik untuk bertindak atas inisiatif sendiri
c. Pendidk hendaknya menjalankan kewibawaan atas dasar cinta pada anak
IV. Kebiwaan dalam pendidikan
a. Kewibawaan dan pelaksanaan kewibawaan dalam keluarga
b. Pelaksanaan kewibawaan dalam pendidikan harus bersandarkan perwujudan norma dalm diri si pendidik
V. Kewibawaan dan identifikasi
Dalam setiap macam kewibawaan terdapatlah suatu identifikasi sebagai dasa. Artinya, dalam melakukan kewibawaan si pendidikan mempersatukan dirinya dengan yang di didik, juga dididik mempersatukan dirinya terhadap pendidikan.
I. Pengertian kewibawaan
Kewibaawaan adalah suatu kelebihan yang dimiliki seseorang. Dengan kelebihan yang dimilikinya ia dihargai, dihormati.
Kewibawaan orang tua dapat dilihat dari 2 sisi :
a. Kewibawaan pendidikan
Ini bertujuan memelihara keselamatan anaknya, agar mereka dapat hidup terus dan selanjutnya berkembang jasmani dan rohaninya.
b. Kewibawaan keluarga
Kewibawaan guru dapat dilihat dari 2 sisi :
a. Kewibawaan guru dalam pendidikan
b. Kewibawaan pemerintah
II. Fungsi kewibawaan dalam pendidikan
Fungsi wibawa dalam pendidikan adalah membawa si anak ke arah pertumbuhannya yang kemudian dengan sendirinya mengakui wibawa orang lain dan mau menjalankannya.
III. Penggunaan kewibawaan oleh guru dan pendidikan lainnya
a. Dalam menggunakan kewibawaan hendaklah didasarkan atas perkembangan anak sebagai pribadi
b. Pendidik hendaklah memberi kesempata pada anak didik untuk bertindak atas inisiatif sendiri
c. Pendidk hendaknya menjalankan kewibawaan atas dasar cinta pada anak
IV. Kebiwaan dalam pendidikan
a. Kewibawaan dan pelaksanaan kewibawaan dalam keluarga
b. Pelaksanaan kewibawaan dalam pendidikan harus bersandarkan perwujudan norma dalm diri si pendidik
V. Kewibawaan dan identifikasi
Dalam setiap macam kewibawaan terdapatlah suatu identifikasi sebagai dasa. Artinya, dalam melakukan kewibawaan si pendidikan mempersatukan dirinya dengan yang di didik, juga dididik mempersatukan dirinya terhadap pendidikan.
Komentar
Posting Komentar