TUJUAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
Keuntungan yang dapat diperoleh melalut penuangan tujuan pembelajaran:
1. Waktu mengajar dapa dialokasikan dan dimanfaatkan secara tepat
2. Pokok bahasan dapat dibuat seimbang, sehingga tidak ada materi pelajaran yang dibahas terlalu mendalam atau sedikit
3. Guru dapat menetapkan banyak materi peljaran yang dapat disajikan setiap jam pelajaran
4. Guru dapat menerapkan urutan dan rangkaian materi secara tepat
5. Guru dapat dengan mudah menetapkan dan mempersiapkan strategi belajar yang cocok dan menarik
6. Guru mudah mempersiapkan berbagai peratalatan maupun bahan untuk belajar
7. Guru mudah mengukur keberhasilan siswa dalam belajar
8. Guru dapat menjamin hasil belajar akan lebih baik dibandingakn dengan hasil belajra tanpa tujuan yang jelas
B. Arti dan tujuan pembelajran
Fred percifal dan harry ellingtton menyatakan tujuan pembeljaran adalah suatu pernyataan yang jelas dan menunjukkan penampilan atau ketrampilan siswa tertentu yang diharapkan dapat tercapai sebagai hasil belajar
C. Taksonomi tujuan pembelajran
Dikenal dengan nama taksonomi bloom yang terdiri atas
1. Kawasan kognitif
Adalah kawasan yang membahas tujuan pembelajaran berkenaan dengan proses mental yang berawal dari tingkat pengetahuan samapi ke tingkat yang tinggi yakni evaluasi. Ini teridiri atas 6 macam yang membentuk hierarkis yakini L:
a. Tingkat pengetahuan ( knowledge )
Ini berkaitan dengan kemampuan mengingat kembali pengetahuan yang pernah diterimanya
b. Tingkata pemahaman ( comprehension )
Ini menyangkut kemampuan seseorang menerjemahkan dengan caranya sendiri pengetahuan yang diterimanya
c. Tingkat penerapan ( application )
Kemampuan untuk menggunakan pengetahuan yang diterimanya dalam memecahakan masalahnya
d. Tingkat analisi
Kemampuan menguasa pengetahuan dalam memecahkan masalah yang timbul
e. Tingkat sintesis
Ini merupkan kemampuan seseorang dalam mengaitkan dan menyatukan berbagai elemen dan unsur pengetahuan sehingga terbentuk pola menyeluruh
f. Tingkat evaluasi
Kemampuan membuat keputusan berdasarkan kriteria pengetahuan yang dimiliki
2. Kawasan afektif ( sikap dan prilaku )
Adalah suatu domain yang berkaitan dengan sikap, nilai interes, apresiasi dan penyesuaian perasaan sosial. Ini terdiri dari 5 yaitu :
a. Kemauan menerima
b. Kemauan menanggapi
c. Berkeyankinan
d. Penerapan karya
e. Ketekunan dan ketelitian
3. Kawasan psikomotor
Ini mencakup tujuan yang berkaitan dengan ketrampilan yang bersifat motorik. Ini terdiri dari :
a. Persepsi
b. Kesiapan melakukan suatu kegiatan
c. Mekanisme
d. Respons terbimbing
e. Kemahiran
f. Adaptasi
g. Original
D. Format untuk menulis tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran sebaiknya dinyatakan dalam bentuk ABCD :
A = audience ( petatar, siswa, mahasiswa, murid, dan sasaran didik lainnya
B = behavior ( perilaku yang dapat diamatai sebagai hasil belajar )
C = condition ( persyaratan yang perlu dipenuhi agar prilaku yang diharapkan dapat tercapai
D = degree ( tingkat penampilan yang diterima )
A. Pendahuluan
Keuntungan yang dapat diperoleh melalut penuangan tujuan pembelajaran:
1. Waktu mengajar dapa dialokasikan dan dimanfaatkan secara tepat
2. Pokok bahasan dapat dibuat seimbang, sehingga tidak ada materi pelajaran yang dibahas terlalu mendalam atau sedikit
3. Guru dapat menetapkan banyak materi peljaran yang dapat disajikan setiap jam pelajaran
4. Guru dapat menerapkan urutan dan rangkaian materi secara tepat
5. Guru dapat dengan mudah menetapkan dan mempersiapkan strategi belajar yang cocok dan menarik
6. Guru mudah mempersiapkan berbagai peratalatan maupun bahan untuk belajar
7. Guru mudah mengukur keberhasilan siswa dalam belajar
8. Guru dapat menjamin hasil belajar akan lebih baik dibandingakn dengan hasil belajra tanpa tujuan yang jelas
B. Arti dan tujuan pembelajran
Fred percifal dan harry ellingtton menyatakan tujuan pembeljaran adalah suatu pernyataan yang jelas dan menunjukkan penampilan atau ketrampilan siswa tertentu yang diharapkan dapat tercapai sebagai hasil belajar
C. Taksonomi tujuan pembelajran
Dikenal dengan nama taksonomi bloom yang terdiri atas
1. Kawasan kognitif
Adalah kawasan yang membahas tujuan pembelajaran berkenaan dengan proses mental yang berawal dari tingkat pengetahuan samapi ke tingkat yang tinggi yakni evaluasi. Ini teridiri atas 6 macam yang membentuk hierarkis yakini L:
a. Tingkat pengetahuan ( knowledge )
Ini berkaitan dengan kemampuan mengingat kembali pengetahuan yang pernah diterimanya
b. Tingkata pemahaman ( comprehension )
Ini menyangkut kemampuan seseorang menerjemahkan dengan caranya sendiri pengetahuan yang diterimanya
c. Tingkat penerapan ( application )
Kemampuan untuk menggunakan pengetahuan yang diterimanya dalam memecahakan masalahnya
d. Tingkat analisi
Kemampuan menguasa pengetahuan dalam memecahkan masalah yang timbul
e. Tingkat sintesis
Ini merupkan kemampuan seseorang dalam mengaitkan dan menyatukan berbagai elemen dan unsur pengetahuan sehingga terbentuk pola menyeluruh
f. Tingkat evaluasi
Kemampuan membuat keputusan berdasarkan kriteria pengetahuan yang dimiliki
2. Kawasan afektif ( sikap dan prilaku )
Adalah suatu domain yang berkaitan dengan sikap, nilai interes, apresiasi dan penyesuaian perasaan sosial. Ini terdiri dari 5 yaitu :
a. Kemauan menerima
b. Kemauan menanggapi
c. Berkeyankinan
d. Penerapan karya
e. Ketekunan dan ketelitian
3. Kawasan psikomotor
Ini mencakup tujuan yang berkaitan dengan ketrampilan yang bersifat motorik. Ini terdiri dari :
a. Persepsi
b. Kesiapan melakukan suatu kegiatan
c. Mekanisme
d. Respons terbimbing
e. Kemahiran
f. Adaptasi
g. Original
D. Format untuk menulis tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran sebaiknya dinyatakan dalam bentuk ABCD :
A = audience ( petatar, siswa, mahasiswa, murid, dan sasaran didik lainnya
B = behavior ( perilaku yang dapat diamatai sebagai hasil belajar )
C = condition ( persyaratan yang perlu dipenuhi agar prilaku yang diharapkan dapat tercapai
D = degree ( tingkat penampilan yang diterima )
Komentar
Posting Komentar