TIGA VARIABEL PEMBELAJARAN
I. Pendahuluna
Variabel pembelajaran menurut Reigeluth ;
1. Variabel kondisi pembelajaran
Adalah faktor yang mempengaruhi efek metode dalam meningkatkan hasil pembelajaran.
2. Variabel metode pembelajaran
Adalah cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran
3. Variabel hasil pembelajaran
Semua efek yang dapat dijadikan sebagai indikator tentang nilai dari penggunaan metode pembelajran di kondisi yang berbeda.
II. Metode pembelajran
1. Strategi pengorganisasian
Adalah metode untuk mengorganisasi isi bidang studi yang telah dipilih untuk pembelajaran. Mengorganisasi mengacu pada suatu tundakan seperti pemilihan isi, penataai isi, pembuatan diagram
2. Strategi penyampaian
Adalah metode penyampaian pembelajaran kepada siswa untuk menerima atau merespon masukan yang berasal dari siswa. Media pembelajaran merupakan kajian utama dari strategi ini
3. Strategi pengelolaan
Adalah metode untuk menata interaksi antara si belajar dan variabel metode pembelajaran lainnya, variabel strategi pengorganisasian dan penyampaian isi pembelajaran.
III. Kondisi pembelajaran
1) Tujuan dan karakteristik bidang studi
Ini merupakan tentang hasil apa yang diharapkan. Tujuan bisa sangat umum, sangat khusus
2) Kendala dan karakteristik bidang studi
Adalah suatu aspek bidang studi yang dapat memberikan landasan yang berguna sekali dalam mempreskripsikan strategi pembelajran. Kendala dalah keterbatasan sumber seprti waktu, media, personalian dan uang.
3) Karakteristi si belajar
Adalah aspek atau kualitas perseorangan siswa seperti bakat, motivasi, dan hasil belajar yang telah dimiliki.
IV. Hasil pembelajran
1. Keefektifan
Ini biasanya diukur dengan tingkat pencapaian si belajar. 4 aspek yang dipakai untuk mempeskripsikan keefektifan pembelajaran ;
- Kecermatan penguasaan prilaku yang sering disebut dengan tingkat kesalahan
- Kecepatan untuk kerja
- Tingkat alih belajar
- Tingkat retensi dari apa yang dipelajari
2. Efisensi
Ini diukur dengan rasio antara keefektifan dan jumlah waktu yang dipakai si belajar atau jumlah biaya pembelajaran yang digunakan.
3. Daya tarik
Ini diukur dengan mangamati kecenderungan siswa untuk belajar
I. Pendahuluna
Variabel pembelajaran menurut Reigeluth ;
1. Variabel kondisi pembelajaran
Adalah faktor yang mempengaruhi efek metode dalam meningkatkan hasil pembelajaran.
2. Variabel metode pembelajaran
Adalah cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran
3. Variabel hasil pembelajaran
Semua efek yang dapat dijadikan sebagai indikator tentang nilai dari penggunaan metode pembelajran di kondisi yang berbeda.
II. Metode pembelajran
1. Strategi pengorganisasian
Adalah metode untuk mengorganisasi isi bidang studi yang telah dipilih untuk pembelajaran. Mengorganisasi mengacu pada suatu tundakan seperti pemilihan isi, penataai isi, pembuatan diagram
2. Strategi penyampaian
Adalah metode penyampaian pembelajaran kepada siswa untuk menerima atau merespon masukan yang berasal dari siswa. Media pembelajaran merupakan kajian utama dari strategi ini
3. Strategi pengelolaan
Adalah metode untuk menata interaksi antara si belajar dan variabel metode pembelajaran lainnya, variabel strategi pengorganisasian dan penyampaian isi pembelajaran.
III. Kondisi pembelajaran
1) Tujuan dan karakteristik bidang studi
Ini merupakan tentang hasil apa yang diharapkan. Tujuan bisa sangat umum, sangat khusus
2) Kendala dan karakteristik bidang studi
Adalah suatu aspek bidang studi yang dapat memberikan landasan yang berguna sekali dalam mempreskripsikan strategi pembelajran. Kendala dalah keterbatasan sumber seprti waktu, media, personalian dan uang.
3) Karakteristi si belajar
Adalah aspek atau kualitas perseorangan siswa seperti bakat, motivasi, dan hasil belajar yang telah dimiliki.
IV. Hasil pembelajran
1. Keefektifan
Ini biasanya diukur dengan tingkat pencapaian si belajar. 4 aspek yang dipakai untuk mempeskripsikan keefektifan pembelajaran ;
- Kecermatan penguasaan prilaku yang sering disebut dengan tingkat kesalahan
- Kecepatan untuk kerja
- Tingkat alih belajar
- Tingkat retensi dari apa yang dipelajari
2. Efisensi
Ini diukur dengan rasio antara keefektifan dan jumlah waktu yang dipakai si belajar atau jumlah biaya pembelajaran yang digunakan.
3. Daya tarik
Ini diukur dengan mangamati kecenderungan siswa untuk belajar
The Best Casino Apps - DrmCD
BalasHapusBest Casino Apps · 1. Red Dog Casino, Newest 영천 출장마사지 Casino Games · 문경 출장샵 2. SlotsMillion Casino, 서울특별 출장마사지 Best for Slots, Table Games · 수원 출장마사지 3. Slots Casino, Top Casino Games for 강원도 출장마사지
joya shoes 379j0atmcb150 outdoor,INSOLES,Joya Shoe Care,walking,fashion sneaker,boots joya shoes 749i8yysgw096
BalasHapus